E-ware blogspot
Energy Saving Mode Using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

Copyright 2011 e-ware team - All rights reserved

e-ware chat colums

artikel e-ware

Blogumulus by e-ware forums and admin e-ware Distributed by Belajar komputer

anda pengunjung yang ke

Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 31 Agustus 2011
1. Algoritma & Pemrograman
A. Teori algoritma
• “Suatu himpunan hingga Intruksi yang secara jelas memperinci langkahlangkah
proses pelaksanaan pemecahan suatu masalah.
• Himpunan intruksi yang dimaksud harus dapat dilaksanakan secara
mekanik (dapat dibuat program komputernya).
• Pembuatan dan perancangan algoritma serta penentuan struktur data
yang tepat adalah bagian yang sangat rawan.
• Merupakan jantung ilmu komputer atau informatika Lebih jauh, terdapat
beberapa pengertian dalam masalah Algoritma :
• PROSEDUR, yaitu Himpunan hingga intruksi yang bersifat diskrit,
jelas serta dapat dijalankan secara mekanik.
• SEMI ALGORITMA, yaitu Prosedur yang mampu menghasilkan
solusi, bila solusinya ada dan berhenti.
• ALGORITMA, yaitu Semi Algoritma yang mampu mendeteksi tidak
adanya solusi, bila solusi memang tidak ada dan mampu pula
berhenti
• Contoh :
Penyelesaian komputasi akar bulat positif dari suatu bilangan bulat
positif A.
Langkah penyelesaianya :
1) Baca A
2) Masukkan X sama dengan 1
3) Hitung Y yang besarnya X.X
4) Jika Y sama dengan A, maka cetak X sebagai akar dari A, selesai.
5) Tambahkan X dengan 1
6) Pergi ke langkah 3
Pengenalan algoritma dan QBasic
Algoritma dan Pemrograman
2
7) Bentuk Program dalam BASIC :
INPUT A
X = 1
Y = X*X
IF Y = A THEN PRINT X : END.
X = X + 1
GOTO 30
Jika A = 4 maka ada SOLUSI
Jika A= 5 maka tidak ada solusi & Looping
KESIMPULAN :
• Bersifat mekanik
• Dapat memberikan solusi jika ada dan mampu berhenti.
• Tidak dapat memberikan keputusan jika solusi tidak ada.
Jadi program diatas disebut : SEMI ALGORITMA
• Sebuah semi algoritma selalu dapat berubah menjadi algoritma dengan
mengubah beberapa langkah yang ada.
• Solusi Program di atas : Tambahkan Intruksi
Jika Y > A cetak “Tidak Ada Akar “ : End
• Persoalan : Dimana letak intruksi tambahan tersebut ?????
Sifat – sifat algoritma yang baik:
1) Banyak langkah hingga
2) Tidak ada keragu-raguan dalam setiap langkahnya.
3) Batasan dari rangkaian proses jelas.
4) Batasan input dan output jelas.
5) Batasan ruang lingkupnya jelas.
Pengenalan algoritma dan QBasic
Algoritma dan Pemrograman
3
Belajar memprogram ≠ belajar bahasa pemrograman
• Belajar memprogram :
- belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan
sistematika pemecahan masalah , Menuangkannya dalam suatu notasi
tertentu yang mudah dibaca, dipahami dan disepakati bersama.
- Bersifat pemahaman persoalan, analisis dan sintesis
-Titik berat : designer program
Produk yang dihasilkan pemrogram
• Program dengan rancangan yang baik (metodologis, sistematis)
• Dapat dieksekusi oleh mesin
• Berfungsi dengan benar
• Sanggup melayani segala kemungkinan masukan
• Disertai dokumentasi
• Belajar Bahasa Pemrograman
• Belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks, tatacara
untuk memanfaatkan instruksi yang spesifik untuk setiap bahasa
• Titik berat : coder
Penyajian Algoritma
• Natural Language
• Flowchart
• Pseudo-code
• Diagram blok struktur program
• Diagram warnier
• Tabel keputusan dan pohon keputusan
Pengenalan algoritma dan QBasic
Algoritma dan Pemrograman
4
Pengenalan algoritma dan QBasic
Algoritma dan Pemrograman
5
B. Pengenalan QBasic
• Program
Instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat
melaksanakan tugas-tugas tertentu
• Bahasa Pemrograman
Bahasa yang digunakan untuk membuat program
• Klasifikasi bahasa pemrograman :
1. Bahasa tingkat rendah (Low level language) : bahasa yang
berorientasi mesin
•Bahasa mesin (machine language)
•Bahasa rakitan (assembly language)
2. Bahasa tingkat tinggi (High level language) : bahasa yang
berorientasi kepada bahasa manusia
•BASIC
•Pascal
•COBOL
Untuk dapat dijalankan, program harus diterjemahkan ke dalam kode-kode
yang dimengerti oleh komputer
•Proses penterjemahan dapat dilakukan oleh :
–Interpreter
–Compiler
Langkah Pemrograman
•Menulis program
•Menjalankan program untuk menguji kebenaran perogram
•Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program diperbaiki dan
kembali ke langkah 2
Pengenalan algoritma dan QBasic
Algoritma dan Pemrograman
6
QBasic
•Salah satu versi dari bahasa BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic
Instruction Code)
•Dibuat oleh Microsoft Corporation
•Merupakan interpreter
•Dikemas di dalam DOS (mulai versi 5.0)
Menu pada QBasic
•File, berisi operasi yg berhubungan dengan file seperti :
–Mengosongkan editor
–Menyimpan file
–Mencetak program ke printer
–Keluar dari Qbasic
•Edit, berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam, seperti :
–Copy & paste
–Membuat subrutin / fungsi
•View, di antaranya untuk melihat jendela hasil program
Menu pada QBasic
•Search, berguna untuk mencari dan mengganti teks
•Run, untuk menjalankan/mengeksekusi program
•Debug, untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan)
•Options, untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan
lokasi dari file QBASIC.HLP
•Help, berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan QBasic
Menulis Program
•Menulis program baru :
–Pilih menu File – New
Pengenalan algoritma dan QBasic
Algoritma dan Pemrograman
7
–Ketikkan baris-baris program, misal
PRINT “Selamat belajar”
PRINT “QBASIC”
Menjalankan Program
•Pilih menu Run – Start atau tekan Shift-F5
Menyimpan Program
•Pilih menu File – Save
•Ketik nama file yang diinginkan
Memanggil Program
•Pilih menu File – Open
•Ketikkan nama file yang diinginkan

0 komentar: